Nutrilon; promo hadiahnya aja bo’ongan, gimana kualitas isinya?

25 05 2009

Sebagai seorang ibu, saya berusaha memilihkan produk nutrisi dan susu yang terbaik bagi buah hati saya. Namun bagimanapun juga sebagai seorang konsumen saya juga memilih membeli produk yang value for money nya terbaik . Memang dalam menilai suatu produk, seringkali promosi dan bonus dari produsen juga menjadi suatu pertimbangan pada saat proses mengambil keputusan pembelian. Saat ini ketatnya persaingan dalam penjualan susu bayi dan balita, telah menyebabkan semakin sengit dan gencarnya produsen berpromosi dalam pemberian bonus dan hadiah bagi para konsumen. Baik berupa hadiah langsung, undian maupun sistem pengumpulan poin-poin pembelian yang dalam jumlah tertentu dapat ditukarkan dengan hadiah yang biasanya dikirim ke rumah.

Hal ini terjadi pada saat saya memutuskan membeli produk susu untuk kedua anak saya. Saya memilih Nutrilon, atas dasar pertimbangan, kualitas produk yang dipromosikan oleh SPG nutrilon yang katanya menggunakan produk susu pilihan yang diproduksi di Belanda serta mengandung asupan nilai gizi yang katanya lebih bagus dari susu merk ternama lainnya. Pada saat itu SPG nutrilon juga menjelaskan bahwa ada program customer reward, di mana setiap pembelian, struk dapat dikumpulkan dan poinnya dapat ditukarkan dengan hadiah-hadiah fantastis seperti TV, kulkas, handphone, hingga sprei, handuk, selimut, dan boneka. Pihak Nutrilon menjanjikan bahwa penukaran hadiah tersebut bisa dilakukan cukup dengan menelpon ke Customer care di kota saya/lokal atau fax ke jakarta maka hadiah akan dikirimkan ke rumah.  Atau dapat ditukarkan pula pada saat ada Promo Penukaran Poin Nutrilon di supermarket besar.

Namun pada kenyataannya, pada saat ada Promo Penukaran Poin,  jumlah Konsumen yang hendak menukarkan poin Rewardnya dibatasi oleh Nutrilon, sehingga banyak yang kecele seperti saya. Padahal sudah jauh-jauh, ngantri luaamaaa banget , berdesak-desakan, berjubelan, sampe depan CS-nya, kita ditolak, katanya “kuota sudah penuh dan bisa menukar lewat Customer Care Lokal di kota saya”. Tapi janji tinggal janji…..begitu saya menghubungi CS lokal, saya diberi jawaban /’diping-pong lagi’ ; disuruh menghubungi kantor Jakarta atau nge- FAX ke Jakarta. Akhirnya walaupun kesal dan marah, saya mengirim FAX ke Jakarta.

Beberapa minggu kemudian, Pihak Nutrilon menghubungi saya, untuk memberitahukan perihal proram PROMO POIN REWARD mereka. Bukan mengenai kelangsungan hadiah untuk saya. Tapi sekadar berpromosi saja, dan menanyakan perkembangan apakah masih menggunakan produk mereka. Waktu itu saya langsung protes, dan mereka cuma berjanji akan meklarifikasi hal ini sesegera mungkin. Tetapi tanpa ada  kelangsungannya.

Bulan depannya lagi, kembali dari Pihak Nutrilon ada yang berpromosi lewat telpon. Sekali lagi ini juga cuma promo telemarketing bukan tentang kapan hadiah saya akan dikirim. Pada saat itu saya jadi marah besar lalu mengancam akan menuliskan hal ini di surat pembaca media massa.  Namun mereka berdalih bahwa POINT REWARD saya sudah kadaluarsa, karena mulai bulan tersebut hadiah yang dimaksud sudah diganti dengan hadiah lain yang mengharuskan jumlah poin pembelian lebih besar dan mereka mengatakan bahwa POIN SAYA YANG LAMA DIANGGAP HANGUS DAN DISURUH BELI LAGI NUTRILON DAN KEMBALI MENGUMPULKAN POIN YANG BARU. Tentu saja saya marah sekali DIBOHONGI SEPERTI ITU karena kami telah berusaha menukarkan poin itu sejak lama bahkan mengirimkan FAX sebelum adanya pergantian hadiah/poin reward tersebut. Secara sistem , seharusnya saya mendapat hadiah itu donk dan secara logika akal sehat manusia…harusnya kami sebagai konsumen berhak donk mendapatkan hadiah tersebut.Alhasil Pihak Nutrilon kembali berjanji akan mengklarifikasi dan akan mengecek FAX yang telah saya kirimkan ke Jakarta. Kemudia esok harinya saya dihubungi pihak Jakarta, dan mereka mengakui kalau saya telah mengirimkan FAX sebelum pergantian periode hadiah. Tapi mereka beralasan bahwa Hadiah yang kami maksudkan stoknya sedang habis.. Dan saya tidak terima….janji adalah hutang..seharusnya mereka bisa menyediakan lagi kan hadiah ini. Apalagi mereka kalau sudah berani berpromosi akan suatu program hadiah, tentu saja janji promosi mereka harus ditepati sebagai tanggung jawab moral produsen terhadap loyalitas konsumen. Terus mereka berjanji akan mengirimkan hadiah tersebut dalam tempo paling lambat 3 bulan dari saat itu.

Namun sampai detik ini ( lebih dari setahun) tidak ada tuh yang namanya HADIAH  dikirim dari Nutrilon. Jangankan hadiahnya, nelpon lagi untuk memberi penjelasan saja enggak ada. Saya jadi bertanya-tanya nih….kalau untuk urusan hadiah yang tangible(kasat mata) saja, pihak susu Nutrilon berani berbohong; bagaimana dengan kualitas susunya yang intangible(tidak kasat mata), seperti nilai gizi yang tertulis di kalengnya, promosi kualitas susu yang superior oleh para SPG mereka dan juga yang diiklankan selama ini.

Karena, ternyata penipuan hadiah ini tidak saya sendiri yang mengalami, ternyata banyak ibu-ibu lain yang mengalami hal serupa yang akhirnya sudah menulis di surat kabar. Bahkan pada saat saya datang di Royal Plaza (Sby), Pihak Nutrilon yang saat itu juga mengadakan acara Exhibition mengalami kepungan gerombolan ibu-ibu yang kecewa, dan tetap point kami tidak dapat ditukarkan disitu. Ya….kalau PROMOSI yang TANGIBLE(kasat mata) saja BERANI BOHONG, APALAGI KUALITAS SUSU NUTRILON yang INTANGIBLE(tidak kasat mata), PASTI LEBIH BERANI LAGI PIHAK NUTRILON untuk MEMBOHONGI KAMI PARA KONSUMENNYA. Ya tidak perlu diragukan lagi.  Karena bagi kami para Ibu-Ibu, kesehatan dan keselamatan para Buah Hati kami adalah yang paling Utama. Tentang Nutrilon Soya mengandung senyawa transgenik saja, tiada tanggapan dari pihak Nutricia begitupula dengan masalah susu ber melamin.

Ini adalah pengalaman saya Pribadi, mungkin saudara-saudara ada yang mengalami hal yang serupa dengan saya, atau bahkan pernah mengalami hal yang lebih parah dari pengalaman yang saya alami ini, baik dengan merk yang sama atau merk yang berbeda, silahkan saja tumpahkan semua unek-uneknya dalam kolom komentar dibawah ini.

Bela Hak Kita sebagai Konsumen !!!


Aksi

Information

24 responses

25 05 2009
라라

SETOJOO SIZzz!! Mank banyak produsen yang suka nipu konsumen… klo promonya aja bo’ong, palagi kualitas susunya yang g kliatan,..
MANTAP!! di ULas Lagi yang LAin DonK…
Bagaimana soal di minimarket?sering tu kembaliannya permen.. emank permen sama dengan uang? Tolong di ulas ya.. thx.

28 05 2009
celesteral

Emang betul, saya sering kecewa juga dengan promo susu nutrilon. Kalau emang gak mau kasih hadiah ya gak usah promosi bo’ong gitu. Kalau mau promosi ya harus siap konsekuensi keluar hadiahnya.

29 05 2009
kampret

ibunya gila gratisan sih. dimana2 produk yg kebanyakan promo adalah produk gak laku.kalo motor contohnya blade dan cs1.ngasih dp keci5 bunga ringan hadiah jaket tip4 dll tetap gak laku.btw dari baunya aja nutrilon gak enak dibanding merk lain,kok dibeli sih?

30 07 2009
Dewi

Waduh kok Nutricia begitu yah, aku ga pake Nutrilon tapi pake Bebelac yh masih saudaraan ama nutrilon dan juga sedang Promo pakai struck belanja juga….

1 11 2009
sinceu

wach ikut prihatin nih untuk ibu-ibu,..!jadikan suatu pengalaman aza tadinya saya juga mo ikutan ngumpulun struk promo,..tapi ya sudahlah,.kalo itu hanya boongan
kecewa deh

6 12 2010
hadi suhanto

kebetulan sy sudah lama menjadi angota club nutricia,… tp selama ini empat tahun terakhir ini sy sudah beberapa kali menukarkan struk lewat telepon dan fax.. dan hasilnya hadiah dikirim tepat waktu bahkan hanya kurang lbh 2 minggu dari tanggal sy telp dan fax nya, hanya sy kecewa satu kali yang terakhir kemaren hadiah agak lambat datang hampir 6 bln br datang… dan hadiah pun diganti sesuai katalog baru yg saya pilih lagi, karena hadiah dr katalog lama sudah habis katanya!!!! tp sy malah senang karena barang yg ditukar lebih berguna..

13 12 2010
yuli

wahhh gawat nie,,saya lg sedang kumpulin struk nutrilon juga…
masak sih ibu2 pernah megalami hal begitu???yg saya terima informasinya,desember ini terakhir pengumpulannya,struk n sedoknya dah siap saya kirim..

31 12 2010
arek pare

beberapa waktu lalu di kota sy juga ada kegiatan seperti itu….akan tetapi saya puas, ternyata nutrilon menepati janji…point yang sudah saya tukarkan mendapatkan bingkisan hadiah yang sangat menarik….sebuah mainin bagus banget…anak saya suka banget…makasih nutrilon…

15 06 2012
via

duh..sy ketinggalan deh kyknya..mngkin krn sy tinggal dkota kcil..
sy pke nutrilon tp g prnh dsuruh tukar struk gitu..gmn y caranya sist???

3 07 2011
LIA AI

UNTUK NUTRILON TOLONG DUNK,,KALO ADA ACARA ” MODELINK BUAT BABY USIA 1 TAHUN KE ATAS AJAK” ANAK SAYA..

KARNA SAYA INGIN ANAK SAYA JADI MODEL CILIK..

THANKS
LIA

6 12 2011
vebby

promo boong = prosduk boong

27 01 2012
ummi siti

begitu yah…ibu-ibu padahal saya juga baru ngumpulin, tp dulu saya pernah dikirimi buku tuch

5 03 2012
Maz Haris

aku tawarin susu mandala 525…
dalam beli 2 kotak dapet 1 buah cangkir cantik and lepek souvenr gimana ??????
beli 2 dapet dua kan ??????????

30 04 2012
Fia n

Aku pake nutrilon royal hampir 2thn, begitu ditukar struk malah gk ada kabar, dataku jg gk ada di nutricia katanya, tanya spg, spg nya malah jutekk abiss…kecewa deh ma nutricia, akhirnya aku ganti wyeth, anak ku malah suka n aku dah dpt hadiah lock n lock 1 set, nutricia klo ada promo jgn boongan n saran cari spg yg ramah … Thx

8 05 2012
dian

aku juga pake ngumpulin point nya dan tunggu selama 1 bulan udah dapat pesanannya

30 05 2012
ade

alow bunda salam kenal,, btw lokasi bunda dimana ya ?
saya di jakarta dan alhamdulillah sampe 4 tahun ini baik2 saja mengenai penukaran reward. dari mulai sepeda, juicer, boneka, 1set bedcover. ini caranya kumpulin struk n sendok. aku selalu datang langsung untuk penukarannya meskipun antri. pembatasan hadiah tidak ada paling waktunya yang ditentukan sampai jam 20.00wib biasanya.

memang benar struk yang kita kumpulkan itu ada masanya biasanya 1-2 tahun. aku juga pernah beberapa struk ku hangus.. *kecewadech

kita bisa lihat di katalog hadiahnya, untuk penukaran hadiah tersebut dapat mempergunakan struk mulai s/d tgl berapa.

sebaiknya mending langsung telepon CS nutricianya dari pada SPG yang infonya terkadang kurang akurat. thanks.. :)

9 07 2012
eva

Nutricia brand yg cukup terkenal,krn itu sy memutuskan utk mengkonsumsinya buat anak saya(nut soya).tp sy kaget dan agak takut mendengar kbr ttg transgenik dll…semoga nutricia mau memberi klarifikasi kpd para konsumenya.agar sy terus percaya kpd nutricia…keep up a good work…

14 10 2012
Raleigh

Greetings! I’ve been reading your site for a while now and finally got the courage to go ahead and give you a shout out from Austin Tx! Just wanted to tell you keep up the excellent work!

Raleigh

2 12 2012
Mami Nadine

Aq kecewa bgt sm nutrilon,ternyt struk nutrilon 400grm dan 800 grm yg aku punya pointnya tidak bs diakumulasi…ml aq dsr SPGnya bl lg yg 800 gram 3 x…. Biar pointnya ckp ktnya

10 12 2012
hilda

kalau untuk penukaran poin saya emang belum pernah kecewa, tapi untuk hadiah lifestyle yang baru diadakan nutrilon pada tanggal 1-2 desember 2012 kemaren, saya dan beberapa ibu-ibu benar-benar kecewa dengan hadiah yang dijanjikan tidak sesuai dengan saya dapat, saya bukan gila dengan hadiahnya yang lebih mengecewakan saya hadiah yang seharus saya dapat adalah atas pilihan anak saya sendiri, kan kasihan anak saya dia merasa kecewa berat, padahal anak saya minum nutrilon mulai tahap I s/d tahap 4 sekarang, tolong pihak nutrisia diperhatikan hal-hal seperti ini jangan sampai banyak ibu-ibu yang kecewa dan akan berniat mengganti susu anaknya keproduk lain

14 12 2012
nurmiah

Hallo…. Bunda…. terus terang ikut prihatin, klo apa yg dialami bunda2 benar adanya, semoga hal ini menjadi bahan masukan pihak nutrilon. Tapi …. Alhamdulillah sampai saat ini, aku tidak pernah kecewa dengan produk nutrilon…demikian pula dalam perilhal penukaran point rewardnya (krn bagi sy hadiah tidak begitu penting).. yang penting anak saya tumbuh kembangnya sehat…klo masalah kandungan gizi nutrilon sy tidak ragukan lagi, mengingat anak sy dari umur 2 bulan hingga 1 tahun 7 bulan saat ini, alhamdulillah tumbuh kembangnya sehat wal afiat. Maaf aku bukan promo karena aku jg konsumer biasa…yang sangat mementingkan nilai gizi suatu produk.

16 12 2012
ninda

q jga pke nutrilon royal 1thun lbih,tpi belinya di agen jdi ga dpet stuk dech.gmna cra dpet hadiahnya ya,,,,,,

26 01 2014
budakmelayu

ternyata ga saya aja yg kecewa,byk yang mengalaminya. Klo susu yang baik dan terbukti khasiatnya, biasanya ga byk promosi dan iklan. Silahkan ibu2 fikirkan kembali untuk memberi nutrisi buat sikecil :)

5 07 2014
santi natalia

anak pertama ku 4 th yg lalu jg pake nutrilon. selama 4 th. poin nya selalu aku tukarkan. dan selalu terkirim dengan cepat. spgnya jg ramah2 kok. sekarang anak ke-2 ku jg pake nutrilon.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: